Kamis, 24 Februari 2011

KARAMBI MUMBANG...DAGING CAI, AI KURANG " sebuah catatan pantun dedizindegysoetomo


--DAK DAPEK MANGGIGIK DAGING...KUAH NYO PUN JADI TARU PADIA BAUN HARING--

ala padam palito kape
di ambus ula lidi
ala pajam ka lawik lape
dak di harok pulang lai

Palito kape di ate dipan
Ula lidi dibawa lamari
Ala lape jangan ditanyokan
Gantinyo sajo yg awak cari.

ula luluk di tapi pasi
biso mancotok mau tenggen
di harok juo di cari ganti
di sangko asli ruponyo sekken

Baju sekken namonyo monja
Banyak di jua di pajak ayabi
Padiala dapek yg ala loha
Yg penting kepengnyo balabi.

kane sengkang jatu ka sulo
ba dara-dara di puek ubek
dapek lubang sagadang anggo
lida masuk kapalo muek

Minggu, 13 Februari 2011

KECCEK SIBOLGA DALAM INDONESIA--sebuah catatan "Tepian Peradaban"

by dedizindegysoetomo


Pulau Pandan jauh di tanga
Dibalik pulo si Angso Duo
Hancur badan dikandung tana
Sibolga Bana taingek juo

A
A                                 : Menyatakan sikap tidak mau
A Ah                           : ucapan menyatakan kaget
Aba                             : Istilah menyanggah/ Misal kalimat…” Aba Iyya..”
Abuk                           : Tepung bubuk membuat kue/ Istilah Kue Abuk
Abak                           : Panggilan untuk Ayah
Abbak                         : Adik
Aci                              : Bisa, Boleh
Acak                           : di kocok
Accik                          : Panggilan untuk saudara perempuan
Accok                         : Accap, sering
Acu                             : Panggilan untuk Abang kandung
Accim                          : Nada kata keluar saat bangkis/
Accu (kan)                  : Dengar (kan)
Ambo                          : Saya, Aku
Ambik                          : Ambil/Mangambik : Mengambil, Memungut
Ambaccang                 : Nama buah-buahan sejenis Kueni tapi ini agak masam
Ambaroba                   : Nama burung

Ambun                        : Embun
Ambung                      : melayang
Ame                            : Emas
Amek                          : amat
Amak                          : Panggilan untuk Ibu
Amuk                          : Marah/ biasanya di tambah awalan “Mang”/ Mangamuk
Anta                           : Entah
Angus                         : Hangus, Gosong
Anga                           : Panggilan untuk Kakak
Andung                      : Saudara/saying
Andung-andung         : meratap
Ati                               : Hati
Ala                              : Sudah
Ala Behek                   : Kalimat Sindiran/kasihan…
Ambus                        : Hembus, Tiup
Apo                            : Apa
Agi                              : Beri
Agia (da)                    :kan...
Age                             : Nama Hewan
Agak (nyo)                  : Kiranya
Angek                         : Panas
Angkek                       : angkat
Anggo                        : nama hewan sejenis siput
Angguk                      : Mengiyakan
Ado                            : Ada
Aiyya                          : Kalimat seruan/Ucapan kala kaget
Atak-Utuk                   : Bodoh
Asok                           : Asap
Ai                                : Air
Alun                            : Gelombang laut
Arek                            : Erat
Ajak                            : Mengikut sertakan
Abis                            : Habis
Angku                         : Panggilan untuk Kakek
Ande                           : Panggilan untuk Saudara Ibu
Accik Uwwo                 : Panggilan untuk saudara perempuan tua
Aya                             : Panggilan untuk Ayah
Ajo                              : Panggilan untuk Abang
Ajar (i)                        : Memeberitahukan
Alek                            : Pesta Pernikahan
Ala                              : Sudah
Anduk                         : Handuk
Ayan                           : Ember kecil
Anyang                      : Sayuran dari putik/bunga pepaya
Ancimun Japang        : Nama sayuran
apo madit                  : Apakah pantas
Ancimun dandang      : Sejenis buahan ancimun hutan
Arok                           : Harap

bersambung untuk abjad   B

Sabtu, 12 Februari 2011

Katokan indak ka “Valentine's Day.!!"

Rasulullah SAW basabda:
“Kelak kalian akan mengikuti jejak (jalan) orang2 yg sebelum kalian, sejengkal demi sejengkal, dan sehasta demi sehasta. Sehingga apabila mereka dahulux memasuki lubang biawak, niscaya kalian mengikutix juga.” Sahabat bertanya, “ya Rasulullah, apakah yg Baginda maksudkan itu adalah org2 Yahudi dan Nasrani.?” Nabi SAW m'jawab, “SIAPA LAGI.!”
(HR. Bukhari dari Abu Sa’id Al-Khudri RA)

Manjalang patangahan bulan Februari dimano mano taliek nuansa warna warni romantis, macam merah mudo (pink) yg dianggap mancerminkan kasih sayang. Hampir saluruh dunia mengingek tanggal 14 Februari manjadi hari Valentine’s Day atau labih populer disabuk urang hari kasih sayang. Belum tau pastinyo dari mano asal mulo penatapan tanggal 14 Februari ko manjadi Hari kasih sayang.

Valentine’s Day mulai kane rayokan kiro-kiro abad ka 7, untuk mamparingeti saurang Pandeta Nasrani, SAINT VALENTINE, urang yang dianggap suci, lambang kasih sayang.
Inyo maninggal di Roma pd tanggal 14 Februari 269 M.
Salain Pendeta, inyoa juo saurang Tabib yang dermawan, baik hati, dan punyo jiwa patiotisme yang dapek membangkitkan sumangak bajuang dan menyadarkan rakyat Roma dari keterkungkungan dan ketidak adilan para panguaso.
Waktu tu Romawi masih diparintah oleh Kaisar Claudius the Goth, yg takenal karano kakejamanyo. Kaisar Claudius nandak mampaluas daerah kakuasaanyotu hinggo mambutuhkan
Siapo yang malanggar paraturanko akan diancam hukuman barek. Indak ado yang barani menantang paraturan tu kecuali pandeta Saint Valentine.
Inyo mandukung hubungan asmara diantaro laki laki padusi , dan sacaro diam diam accok manikahkan urang urang yang ala sawajarnyo nikah
Lamo kalamoan tindakannyo si Valentine ko tadanga katalingo Kaisar sahinggo inyo dimasukkan kadalam penjara, tetapi hukuman tu banyak tantaro yg kuat yg harus diambik dari kalangan anak mudo.
Tetapi waktu tu banyak anak mudo yg indak mau jadi tantaro karano indak mau bapisah samo cintanyo. Tantu sajo kajadian tu mambuek berang kaisar, sehinggo inyo membuat katantuan tidak bisa bacinta atau nikah untuk anak mudo.
dak mambuek inyo jara.
Sikap nyo tu mambuek urang simpati. Salah satunyo adalah Putri sipir penjara yang diam diam accok mangunjungi penjara untuk basuo samo si Valentine samba mambaok makanan ato bungo.
Maliek reaksi anak mudo yang baitu gadang parhatiannyo ka si Valentine, Kaisar ko maraso came kok suasana ko di padiakan sajo. Bukan indak mungkin rakyotko akan mambarontak malawannyo. Akhirnyo Kaisar mamarintahkan untuk mambunuh Valentine dengan caro dipotong kapalonyo.
Akan tatapi sabelum hukuman tu dijalankan, inyo sampat manulis surek kapado Putri sipir penjara tu yg barisikan bahwa inyo indak manyasal dengan apo tang ala dipabueknyo, bahwa inyo tatap mamacik pandapek bahwa cintoko dak bisa dikalahkan siapopun
Dek karano manghormati pangorbanannyotu lah, pada tahun 496 M PAUS GELASIUS manatapkan tanggal 14 Februari manjadi Hari Saint Valentine.
Waktupun bajalanr, parayaan kamatian Saint Valentine sabagai tokoh kasih sayang barubah manjadi hari mamilih pasangan diantaro anak mudo, dan acara tukar manukar hadiah ato kado.


TADZKIRAH.
Ikhwatu Iman,

Dek karano ala tau baapo asal mulo tajadinyo Budayo Valentine ko, nandaknyo kito jangan ikuk-ikuk an marayokan kabiasoan urang tu.
Allah SWT malarang Ummat Islam untuk mangikuti  yg indak jale sumber dan hukumnyo
seperti dalam Firman_NYo:
            “…dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya, sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati semuanya itu akan diminta pertanggung jawabannya.”
(QS. Al Isra : 36)
Allah SWT dgn tegas malarang Ummat Islam utk mangikuti kabiasoan urang urang kafir, dan kito harus bisa menjauhinyo agar indak tapadayo ka urangtu.
Allah SWT juga telah mengingatkan kita dgn Firman_NYA:
“Wahai orang2 yg beriman, jika kamu mengikuti orang2 kafir, niscaya mereka mengembalikan kamu menjadi kafir, lalu kamu menjadi orang2 yg rugi.!”
(QS. Ali Imran : 149)
Kito sadari ato indak , urangtu ala barusaho macam mano biar Ummat Islam mau mangikuti agama dan kabiasaon sidak.
“Orang2 Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu sehingga kamu mengikuti mereka.
(QS. Al-baqaroh : 120)
Kato “mengikuti” disiko bukan hanyo bararti Murtad atau pindah Agama, tetapi tamasuk juo mangikuti Tradisi, Adat, Budayo, Upacara, dan kabiasoan2 yang dikarajokan urangtu.
Rasulullah SAW b’sabda:
“Barang siapo maniru suatu kaum, mako inyo manjadi bagian atau manjadi satu samo kaum yg ditirunyo.”
(HR. Ibnu Hanbal dan Abu Dawud)

PARHATIKANLAH apo yg dikecekkan “Samuel Zwemmer,” salah saurang Direktur Organisasi missi dari Amerika Serikat, dan juo katua Asosiasi Agen Yahudi, dalam konfrensi di Yerussalem pd thn 1935M:
“Misi utamo yg dibabankan negara2 Kristen ka kito bukanlah manjadikan kaum Muslimin manjadi Kristen, karena hal ini tdk akan sanggup kito lakukan. Tapi ingeklah, misi utama kito adalah macam mano kito bisa manjauhkan Kaum Muslimin dari ajaran Islam, mak indak punyo hubungan apo apo lai samo Allah. Sahingga koto indak manggunokan Norma Akhlak sbg pegangan hidup Islam. Dengan demikian akan mambuek pintu kamenangan bagi Imprealis atas kerajaan2 Islam.
Tugas Munak hanyo  mambuek macam mano anak mudo islam tu jauh dari ajran ajaran Islam, tapi indak usah bagabung samo kito.!”
Jadi, diharokkan ka GENERASI Muslim, janganlah cub0-cubo mangikuti parayaan Valentine’s Day tu, jiko indak mau disamokan samo urangtu, macam yg disabdakan Rasulullah saw.!!
Wallahu A'lamu bish-shawab.
Aamiin yaa Rabbal ‘Aalamiin.

DITULIS ULANG DARI : KONGKOW SAHABAT FILLAH

Jumat, 11 Februari 2011

SIBOLGA DAERAH PESISIR MEMILIKI BUDAYA PESISIR TENTUNYA MOTTO ATAU SLOGAN SESUAI DENGAN IDENTITAS PESISIR oleh Kastamansyah Hutabarat pada 09 Februari 2011


Slogan Kota Sibolga “ Negeri Berbilang Kaum “ menjadi topik pembicaraan masyarakat Sibolga akhir akhir ini. Slogan tersebut terkesan meminggirkan komunitas masyarakat pesisir  Sibolga di Negeri sendiri. Sedangkan menurut peta budaya Propinsi Sumatera Utara etnis pesisir yang berada di Sibolga dan Tapanuli Tengah merupakan salah satu  dari delapan etnis yang diakui di Propinsi Sumatera Utara, mempunyai Budaya Pesisir yang mencakup Adat istiadat,Kesenian,Bahasa Pesisir dan Makanan khas pesisir termasuk kue kue (Juada bahasa pesisir) yang berbeda dengan etnis lainnya.

Slogan ataupun motto Sibolga Negeri Berbilang Kaum ini diwacanakan sebagai slogan atau motto berkisar delapan tahun silam pada masa  Drs. Sahat Panggabean  dan Drs. Agus Salim Harahap sebagai Walikota/Wakil Walikota Sibolga. Mungkin saja dasar pertimbangan mereka kondisi Kota Sibolga pada saat itu,penghuni Kota Sibolga terdiri dari banyak kaum.Seharusnya slogan atau motto Kota Sibolga harus digali dari 300 tahun lebih ketika mulai adanya perkampungan Sibolga . Apabila kita melihatnya dari delapan tahun yang silam memang semua daerah di Indonesia didiami berbagai kaum. Menurut kamus bahasa Indonesia Kaum adalah Suku Bangsa, Keluarga dan Golongan.

Kalau kita buat perbandingan mengenai “ Bilangan Kaum “ di Kota Sibolga dengan daerah lain, maka bilangan kaum di Kota Sibolga jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan Kota atau daerah lain, seperti misalnya Ibukota R.I Jakarta, Medan dan lain sebagainya.

Di Jakarta bilangan kaumnya cukup banyak, kalah jauh bilangan kaum di Kota Sibolga, disamping segala etnis daerah Indonesia disana ada kaum borjuis,kaum proletar,kaum feodal,kaum Jahudi,kaum Majusi,kaum Nasrani,kaum Buddha,kaum Hindu,disamping kaum Muslim adapula dari suku bangsa Arab,Eropah,Afrika,India,Pakistan,Rusia,Inggris,Amerika,Amerika Latin dan lain lainnya. Akan tetapi DKI Jakarta menonjolkan jati diri masyarakat Betawi walaupun hitungan masyarakat Betawi saat sekarang ini sudah sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah yang urbanisasi dan pendatang. Begitu pula dengan Kota Medan Ibukota Provinsi Sumatera Utara,bilangan kaumnya jauh lebih banyak dari Kota Sibolga,namun motto ataupun slogannya bukan Berbilang Kaum,tapi “Setepak Sirih sejuta pesan” sebagai gambaran keberadaan suku Melayu Deli.

Kabupaten Labuhan Batu,disamping daerahnya lebih luas dari Kota Sibolga bilangan kaumnya juga lebih banyak,tapi motto ataupun slogan daerahnya “ Ika Bina en Pabolo “ (disini dibina yang disana diperbaiki) merupakan bahasa Pane (Labuhan Bilik) sebagai gambaran jati diri etnis Melayu Labuhan Batu. Lain lagi Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun dengan motto atau slogannya “ Habonaran da Bona (bahasa Simalungun : Kebenaran adalah yang utama dalam hidup). Kota Tanjung Balai,Kota Nelayan sama dengan Kota Sibolga,menggunakan motto atau slogan yang menggambarkan kehidupan nelayan disana yaitu : “ Batambat satangkahan Balayar satujuan “.

Di Kota Pariaman Sumatera Barat,juga daerah Nelayan, Motto atau Slogannya “ Sabiduk  Sadayung “, konon katanya pada zaman penjajahan Belanda di Kota Pariaman sudah ada perkampungan Cina, Kampung Keling, Kampung Nias, dan Kampung Jao (Jawa), namun motto atau slogan di Kota tersebut tidak Berbilang Kaum, Kaum lain di Kota Pariaman tidak ngotot, karena mereka sadar Komunitas Pariaman merupakan Komunitas asli atau awal dalam membuka perkampungan Pariaman.

Di Kota Gunung Sitoli, banyak kaum minang berada disana (entah sudah berapa jenjang keturunan) termasuk kaum cina, Kaum Pesisir, Kaum Batak Mandailing, Kaum Aceh, Kaum Batak Toba, Kaum Batak Silindung, Kaum Batak Karo, Kaum Simalungun dan lain lain,tapi motto ataupun slogan Kota Gunung Sitoli menggunakan bahasa dan filosofi Nias. Kalau seumpamanya motto atau slogan Kota Gunung Sitoli sebagai Negeri Berbilang Kaum, pasti kaum Nias di Gunung Sitoli tidak menerimanya, bahkan kaum Nias yang ada diperantauan termasuk yang ada di Kota Sibolga jelas akan menolaknya.

Beberapa teman ada yang menyampaikan bunyi motto atau slogan yang cocok buat Kota Sibolga yang mengakomodir identitas Komunitas Pesisir, seperti yang berkembang saat sekarang ini “Siboga Nagari Badusanak Saiyo Sakato” (Sibolga Negeri Kekeluargaan dan Persaudaraan Seiya Sekata), ada yang Cuma “Siboga Nagari Badusanak” tanpa tambahan Saiyo Sakato, ada juga yang mengusulkan “Siboga Jolong Basusuk”, ada yang mengajukan “Siboga Tigo Badusanak” (menggambarkan tiga pilar ; Ulama, Umaroh dan Rakyat), kemudian ada yang mengajukan “Lawi Sati Ranto Batuah” (Laut yang memberikan kehidupan dan Batuah dirantau).
Terlepas dari usulan usulan tersebut diatas, sudah selayaknya Pemko Sibolga dan para Tokoh Tokoh Adat masyarakat Pesisir Sibolga untuk bermusyawarah dan bermufakat seperti kata pepatah Pesisir ; Bulek Ai karano Pambuluh, Bulek Kato karano Mufakat, sehingga motto ataupun slogan Kota Sibolga benar benar mencerminkan Budaya Komunitas Pesisir Sibolga. Menurut saya Walikota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk adalah merupakan sosok pemimpin yang arif dan bijaksana dilahirkan dan dibesarkan di Sorkam Tapanuli Tengah juga komunitas Pesisir yang tahu persis tentang Budaya dan identitas Pesisir Sibolga dan Tapanuli Tengah.


Disalin dan disempurnakan dari Tulisan Bapak Rusli (Puli) Siburian di Medan Putera Daerah Sibolga yang dimuat di Harian Waspada Hari Selasa Tanggal 8 Februari 2011 di Halaman B5 Kolom Surat Pembaca.         

Selasa, 08 Februari 2011

Wacana Ganti Motto Kembali Digulirkan Jumat, 04 Pebruari 2011

SIBOLGA-METRO; Wacana mengganti motto Kota Sibolga ‘Negeri Berbilang Kaum’ menjadi ‘Siboga Nagari Badusanak Saiyo Sakato’ kembali digulirkan.
Setelah Kastamansyah Hutabarat dan Rajoki Nainggolan MA, kali ini kembali digulirkan Sekretaris Umum Forum Komunikasi Masyarakat Sibolga-Tapten...g (FKM TATSI)-Medan Rusli Siburian, kepada METRO di Sibolga, Kamis (3/2). “Kalau saya tidak salah, motto Sibolga Negeri Berbilang Kaum ditetapkan sekitar 8 tahun lalu, ketika itu Wali Kota Sibolga dijabat Drs Sahat P Panggabean dan wakilnya Drs Agus Salim Harharap. Jadi, menurut saya motto tersebut didasari pertimbangan kondisi Kota Sibolga pada saat itu, seharusnya digali ketika adanya Sibolga ratusan silam,” kata Rusli.
Ia mengatakan, berbicara 8 tahun bahkan 20 tahun lalu, hampir semua daerah dihuni berbilang kaum. Namun katanya tidak serta-merta motto daerah itu ditetapkan sesuai dengan kondisi saat itu.
Dia mencontohkan DKI Jakarta, bilangan kaum yang bermukim di ibukota jauh lebih banyak bila dibanding dengan bilangan kaum di Kota Sibolga, namun tetap menganut motto yang dinspirasi dari budaya lokal. Lihat Kabupaten Labuhanbatu mottonya menggambarkan budaya melayu dengan bahasa daerah pane (Labuhan bilik, red), yakni ‘Eka Bina En Pabolo (Di sini Dibina, Di sana Diperbaiki),” ucapnya.
Kemudian Kota Medan sambung Rusli, dengan mottonya ‘Setepak Sirih Sejuta Pesan’ menggambarkan budaya Melayu Deli. Lalu Kabupaten Simalungun, jika dilihat dari bilangan kaumnya Sibolga lebih sedikit, tetapi motto di daerah penghasil jeruk manis itu adalah ‘Habonaran Do Bona’, yang berarti Kebenaran Adalah Yang Utama. Kota Tanjungbalai juga begitu, motto yang dipakai adalah jati diri masyarakat pantai melayu ‘Batambat Satangkahan Balayar Satujuan’.
Selanjutnya Kota Gunung Sitoli, disamping dihuni warga lokal etnis Nias juga ada etnis Pesisir, Minang, Cina dan Batak. Tetapi tidak serta merta daerah itu menggunakan motto ‘Nias Negeri Berbilang Kaum’, melainkan menggunakan motto yang menggambarkan jati diri etnis Nias tersebut.
Maka karena penduduk yang pertama menghuni Sibolga adalah masyarakat Pesisir, selayaknya motto Kota Sibolga menggambarkan budaya dan bahasa Pesisir, seperti ‘Sibolga Nagari Badusanak Saiyo Sakato’ (Siboga Negeri Bersaudara Seiya Sekata). Tak hanya itu, ciri khas bangunannya juga agar menggambarkan ornamen budaya Pesisir. (afn)

 

    • Tapi Pasi Kota Sibolga baapo pandapek ogek uning bapak ibu ?
      Jumat pukul 11:30 ·
    • Kastamansyah Hutabarat
      ala saatnyo disosialisasikan ka masyarakat supayo identitas Pesisir indak hilang dan kito harus kamukokan adat pesisir di nagari sendiri, seperti manyambut pejabat dari Pusat maupun dari Propinsi seharusnyo mamakai adat Pesisir bukan adat d...ari daerah lain,kalau adat dari daerah lain itu namonyo intervensi budaya, akibatnyo sangat dikhawatirkan identitas pesisir akan hilang dengan sendirinyo, akibat dari sok moderat para tokoh adat dan tokoh masyarakat kito kiro kiro 8 tahun lalu yang bukan berdarah pesisir menyebutkan Siboga Kota Berbilang Kaum, adonyo upaya secara sistematis untuk menghilangkan identitas pesisir sebagai salah satu etnis di Sumatera Utara dari 8 etnis yang telah diakui,ala dibelakangkan urang tu kearifan Dimana Bumi dipijak disitu langit dijunjung
      Kemarin jam 1:22 ·
    • Kastamansyah Hutabarat
      Ala saatnyo kito kumandangkan dan kito terompetkan SIBOGA NAGARI BADUSANAK SAIYO SAKATO, agar semangat badusanak indak luntur dan hilang didalam perkembangan jiwa masyarakat pesisir akibat pengaruh makna Kota Berbilang Kaum yang indak patut... disebutkan di Kota Sibolga memiliki etnis pesisir seperti kota Kota lain yang lebih patut memakai lebel Kota Berbilang Kaum karena lebih banyak bilangan kaumnya seperti Jakarta, Medan dan lain sebagainya tetapi urang tu indak mau nagari sidak dijajah dan diintervensi sesuai selera masyarakat yang urbanisasi walaupun hitungan penduduk setempat dikota bersangkutan tinggal hitungan jari seperti Betawi di Jakarta Melayu Deli di Medan tetap mempertahankan Jakarta itu adalah Betawi dan Medan adalah Melayu Deli, seperti daerah lainnyo motto daerahnyo sesuai bahasa daerahnyo
      Kemarin jam 1:40 ·
    • Kastamansyah Hutabarat kito bukan alergi dengan budaya daerah lain, bahkan kito tetap mengakui dan menghargai kemajemukan dan kebhinnekaan tunggal ika,tapi itu menjadi tugas didaerah masing masing agar budaya masing masing daerah dikembangkan didaerah bersangkutan sebagai identitas daerah tersebut, seperti Kota Sibolga seharusnyo Budaya Pesisir yang dikedepankan terutama dalam acara penyambutan Pejabat,acara proses pernikahan dari awal marisik sampai diacara pesta pernikahan, jangan pulo,langik langik ala naik dipakai pulo adat dari daerah lain
      Kemarin jam 1:54 · · 1 orangKapten Jack menyukai ini.
    • Kastamansyah Hutabarat
      Hal seperti itu sering ambo perhatikan ala manyalahi,langik langik ala naik tapi ado pulo acara adat nan lain dilokasi pesta seperti manottor dan lain lainnyo, kemudian diacara pernikahan yang dihadiri tuan kadi, para orang tua katokanlah d...ulu tokoh masyarakat,yang dituakan istilah lain dari ketua adat,tokoh agama,cerdik pandai dalam acara makan disuruh pulo mangambi masing masing ala Perancis, Kalau ado sarupo nyotu nanti sanak saudaro liek,sanak saudaro berhak selaku warga pesisir manyuruh turunkan langik langik karano urang tu ala manganggap Nagariko Nagari Perancis, kalau dalam acara pesta peresmiannyo mungkin masih dape ditolerir tapi pada saat proses pernikahan sampai acara selesai haruslah tetap berdasarkan tuntunan agama dan adat pesisir yang identik dengan tuntunan agama.
      Kemarin jam 2:06 ·
    • Raja Sianturi saya setujuh kalau penyambutan pejabat harus budaya siboga, acara perkawinan, adat siboga dibuat tapi secara singkat kalau orang prantau, kalau orang siboga asli harus adat siboga.
      Kemarin jam 3:12 ·
    • Kastamansyah Hutabarat
      Bangsa Indsonesia pada umumnya adalah bangsa yang berbudaya dan beretika, kita punya semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Etika bangsa kita selama ini yang menjadi kearifan " DIMANA BUMI DIPIJAK DISITU LANGIT DIJUNJUNG", setiap daerah yang bersan...gkutan mari sama sama kita kembangkan budaya daerah setempat sesuai daerah masing masing, dan bagi kita sebagai urbanisasi dimana daerah setempat sudah menjadi tempat tinggal kita, hidup didaerah setempat dan bahkan daerah setempat telah memberi kesejahteraan bagi kita dari daerah asal kita, karena kalau kita sejahtera didaerah asal kita tidak mungkin kita meninggalkannya, dan mungkin kita akan mati dan berkubur didaerah tersebut sudah patut dan wajar kita bagian dari warga setempat untuk mengedepankan budaya setempat.
      Kemarin jam 3:31 ·

Senin, 07 Februari 2011

TARUNG BULEK....PITUAH NANG GAEK--sebuah catatan pribahasa sibolga by dedizindegysoetomo

--PANGAJARAN MUNYANG KITO... BA APOLAH MAK ELOK BASO--

*Tarung bulek dak masuk asam jo garam

  Beak, bodo, handi pintaklah mati

* Ba kiro ai samo bare
   kamano pai samo malakkok sajo

* Ba kiro karambi mumbang
   gadang bodo dak barisi

* Ba kiro marang mancalik umpan tuok
   bagage dek hakkok samo lobo dan tama'ah

* Palito di nan kalam
   bisa mambari pangajaran biar indak bakalalaran

* Tungkek di nan raba
   baguno untuk mambantu apo lai kok ala jatu

* mamintak kayu mati baranting
   baharok dak ado guno
* harimo kalapasan labo
   mau mancakko sajo

* Jangan came di nan tiado. Jangan harok di nang ado
   baok tanang juo

* Sarupo Lauk Balakkas
   Sahidup samati kamano pai jadi

* tungkek mambaok rabah
   minta tolong lalu kane todong

* Talunjuk lurus, kalingking bakaik
   indak bisa di picayoi  keccek dan sipat salalu balabii

* Ba kiro anak batu lado
   mancaikan sajo jadi hampo

* Hangek2 ciri ayam
   mulonyo manggarogok lamo-lamo kuok

* gutik-gutik marang
   Saketek tapi habi sasikkek

* Tobo-tobok mancotok
   diam-diam makan dalam

* Ba kiro anak iyu
   kalua masuk indak manantu

* lape sasak hilang taragak
   lamak-lamak di nyo urang lain malape hao

* Kare-Kare Karak kane ai lunak
   Tagi Bagak tapi gadang hantak